Perilaku Konsumen (Softskill)

Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian dan Konsumsi

1. Kebudayaan

Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut culture. Kata tersebut sebenarnya berasal dari bahasa Latin = colere yang berarti pemeliharaan, pengolahan tanah menjadi tanah pertanian. Sedangkan kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata buddayah. Kata buddayah berasal dari kata budhi atau akal. Manusia memiliki unsur-unsur potensi budaya yaitu pikiran (cipta), rasa dan kehendak (karsa). Hasil ketiga potensi budaya itulah yang disebut kebudayaan. Dengan kata lain kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan cipta manusia mengembangkan kemampuan alam pikir yang menimbulkan ilmu pengetahuan. Dengan rasa manusia menggunakan panca inderanya yang menimbulkan karya-karya seni atau kesenian. Dengan karsa manusia menghendaki kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan sehingga berkembanglah kehidupan beragama dan kesusilaan.

Jadi budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

2. Pembelian

Pembelian merupakan suatu proses yang dilakukan oleh pihak yang diesbut sebagai pembeli dalam suatu transaksi jual-beli dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat dari barang yang dibeli sekaligus untuk memuaskan keinginan atas hasrat membeli yang dimiliki oleh si pembeli.

Manfaat pembelian :

  1. Mendapatkan barang hasil pembelian
  2. Dapat memenuhi kebutuhan melalui pembelian
  3. Hasil pembelian itu bermanfaat
  4. Penjual mendapatkan hasil dari penjualannya

3.  Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan untuk memperoleh manfaat serta menghabiskan secara berangsur atau sekaligus fungsi dari suatu barang atau jasa yang diperoleh melalui proses pembelian dengan kesepakatan harga bersama dengan si penjual, dengan tujuan untuk menjaga kelangsungan hidup si pemakai.

Menurut Ebert dan Griffin (1995) consumer behavior dijelaskan sebagai upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi adalah :

  1. Model perilaku konsumen, Konsumen mengambil banyak macam keputusan membeli setiap hari. Kebanyakan perusahaan besar meneliti keputusan membeli konsumen secara amat rinci untuk menjawab pertanyaan mengenai apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak mereka membeli, serta mengapa mereka membeli.
  2. Faktor Budaya, Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dalam perilaku konsumen. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang.

Variasi nilai perubahan dalam nilai budaya terhadap pembelian dan konsumsi

Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana dalam hal ini dimasukkan kedalam kategori – kategori umum yaitu berupa orientasi nilai – nilai lainnya yaitu merefleksikan gambaran masyarakat dari hubungan yang tepat antara individu dan kelompok dalam masyarakat. Hubungan ini mempunyai pengaruh yang utama dalam praktek pemasaran. Sebagai contoh, jika masyarakat menilai aktivitas kolektif. Konsumen akan melihat kearah lain pada pedoman dalam keputusan pembelanjaan dan tidak akan merespon keuntungan pada seruan promosi untuk “menjadi seorang individual”. Den begitu juga pada budaya yang idividualistik. Sifat dasar dari nilai yang terkait ini termasuk individual atau kolektif, kaum muda/tua, meluas/batas keluarga, maskulin/feminim, persaingan/ kerjasama, dan perbedaan/keseragaman.


Daftar Pustaka :

http://www.slideshare.net/YusniSinaga/pengaruh-kebudayaan-terhadap-pembelian-dan-konsumsi

yulijoong.tumblr.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s