Catatan Kuliah

Hipotesis Penelitian

Definisi hipotesis yaitu merupakan gabungan dari kata “hipo” yang artinya dibasah dan “tesis” artinya kebenaran. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya harus diuji secara empiris.

Tujuan penelitian ilmiah secara umum adalah untuk memecahkan masalah melalui metode ilmiah sehingga diperoleh pengetahuan baru yang ilmiah (ilmu) sebelum proses pemecahan masalah seorang peneliti mempunyai alternatif – alternatif pemecahan yang bersifat dugaan atau ada unsur ketidakpastian. Dugaan dikenal sebagai proposisi atau hipotesis. Dugaan tersebut didasarkan suatu alasan teoritis yang dijelaskan dalam kerangka teoritis atau landasan teori, dan dibuat dengan proses deduksi. Proposisi dan hipotesis merupakan 2 istilah yang relatif sama, walaupun ada beberapa ahli yang membedakannya.

  1. Preposisi adalah pernyataan mengenai suatu konsep yang bisa dinilai salah atau benar dan mengacu pada fenomena yang bisa diamati. Jika proposisi tersebut diformulasikan untuk diuji secara empiris, jadi hipotesis merupakan pernyataan deklaratif yang bersifat sementara dan spekulatif yang harus dibuktikan salah atau benar berdasarkan empiris.
  2. Hipotesis penelitian adalah rangkuman dari kesimpulan – kesimpulan teoritis yang diperoleh dari kajian pustaka. Menyusun landasan teori juga merupakan langkah penting untuk membangun suatu hipotesis. Landasan teoritis akan menjadi suatu asumsi dasar penelitian dan sangat berguna pada saat menentukan suatu hipotesis penelitian.

Hipotesis penelitian dapat dirumuskan melalui jalur yaitu :

  1. Membaca dan menelaah ulang (review) teori dan konsep – konsep yang membahas variabel – variabel penelitian dan hubungannya dengan proses berpikir deduktif.
  2. Membaca dan me-review temuan – temuan penelitian terdahulu yang relevan dengan permasalahan penelitian lewat berpikir deduktif.

Syarat hipotesis, menurut Bory and Gall dalam suharsimi (2000) ada empat persyratan bagi hipotesis yang baik, yaitu empat persyaratan bagi hipotesis yang baik, Yaitu :

  1. Hipotesis hendaknya merupakan rumusan tentang hubungan dua atau lebih variabel.
  2. Hipotesis yang dirumuskan hendaknya disertai dengan alasan atau dasar – dasar teoritik dan hasil penemuan terdahulu.
  3. Hipotesis harus dapat diuji
  4. Rumusan hipotesis hendaknya yang singkat dan padat

Ciri – ciri hipotesis :

  1. Hipotesis harus dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyatan deklaratif bukan kalimat pernyatan.
  2. Hipotesis berisi pernyataan mengenai hubungan antara paling sedikit 2 variabel.
  3. Hipotesis harus sesuai dengan fakta dan dapat menerangkan fakta.
  4. Hipotesis harus dapat diuji (test table), hipotesis dapat diuji secara spesifik menunjukkan bagaimana variabel penelitian. Itu diukur dan bagaimana prediksi hubungan atau pengaruh antara variabel termaksud.
  5. Hipotesis harus sederhana (spesifik) dan terbatas, agara tidak terjadi kesalahpahaman pengertian.

Menentukan Hipotesis :

  1. Memliki banyak informasi tentang masalah yang akan dipecahkan dengan cara banyak menbaca literatur yang ada hubungannya dengan penelitian yang sedang dilaksanakan.
  2. Memilki kemampuan untuk memeriksa keterangan tentang tempat, objek dan hal – hal yang berhubungan satu sama lain dalam fenomena yang sedang diselidiki.
  3. Memiliki kemampuan untuk menghubungkan suatu keadaan dengan keadaan yang lain yang sesuai dengan kerangka teori dan bidang ilmu yang bersangkutan.

Manfaat Hipotesis :  

  1. Memberikan batasan dan memperkecil jangkauan penelitian dan kerja penelitian
  2. Mengsiagakan penelitian kepada kondisi fakta dan hubungan antara fakta, yang kadangkala hilang begitu saja dari perhatian peneliti.

 

Catetan Kuliah – Metode Riset

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s