Just write

BIG DREAMS

Big dreams dua kata yang kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai “Mimpi Besar”. Setiap orang berhak untuk bermimpi besar atau memiliki cita – cita yang mereka inginkan, karena bermimpi itu gratis dan bagi sang pemimpi besar bermimpi itu tidak mengenal perbedaan suku, ras, agama dan bahkan latar belakang keadaan keluarga. Yang diperlukan oleh sang pemimpi agar bisa mewujudkan mimpinya ialah kemauan yang keras untuk selalu belajar, membagi ilmu yang dipelajari, tidak pernah menyerah dan memiliki komitmen yang kuat meraih impiannya, serta bisa terus konsisten menjalankan setiap misi – misi hidupnya agar setiap visi yang telah diimpikannya bisa terwujud.

Untuk meraih semua visi atau mimpi itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan, bagi orang yang sadar bahwa kesuksesan meraih impian itu tidak didapat dengan cara yang instan, maka mereka telah menyiapkan misi – misi terbaik untuk meraih impian itu. Namun banyak dari kita sekarang khususnya anak muda yang kehilangan visi hidup mereka sehingga mereka tidak tahu arah tujuan hidup mereka, dan pada akhirnya banyak anak muda yang memiliki motto hidup “ biarkan hidup ini mengalir seperti air “ ,dari kutipan itu sudah jelas banyak anak muda yang tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan untuk mengisi masa mudanya, dan juga kalau masa muda saja kita sudah tidak tahu harus diisi dengan kegiatan seperti apa, bagaimana di hari tua nanti, apa yang akan kita lakukan, tidak mungkin kita terus menerus menopang hidup dengan keluarga karena setiap kelurga pasti mengharapkan kita untuk menjadi orang yang sukses meraih cita – cita kita terutama orang tua yang sangat mengharapkan anaknya menjadi orang yang sukses.

Dizaman serba modern saat ini kita tidak bisa lagi menggunaka motto hidup seperti air yang mengalir, karena yang saya tahu air itu mengalir dari tempat tinngi ke tempat yang rendah, maka dari itu apakah kita siap menjadi orang yang selalu berada di tempat yang rendah? Bagaimana kalau ternyata kita mengalir ke sungai yang airnya tercemar?

Lalu beberapa orang berpikir kalau begitu lebih baik saya berdiam diri saja biar tidak jatuh ketempat yang salah, dan yang penting hidup aman, boleh saja berpikir seperti itu, namun nanti apakah kita sudah siap melihat teman – teman kita yang dulu satu sekolahan, satu per satu dari mereka sudah sukses meraih impian mereka dan menduduki posisi – posisi puncak di berbagai perusahan dan institusi – institusi yang bergengsi di negeri ini.

Memiliki misi yang jelas untuk meraih visi yang ingin dituju, menunjukkan bahwa kita juga harus siap untuk keluar dari zona nyaman kita selama ini, artinya kita siap menerima setiap konsekuensi dari keputusan yang kita ambil agar mampu meraih visi atau impian tersebut. Berarti kita juga harus berani mengambil resiko dari tindakan yang kita lakukan. Sebenarnya untuk meraih cita –cita tidak hanya misi saja yang harus dijalankan tapi yang terpenting ialah sikap dewasa dan mental yang kuat untuk menerima setiap kemungkinan yang bisa menjadi penghalang untuk meraih impian besar itu.

Tembok yang besar tidak akan pernah roboh bila kita hanya berdiam diri saja melihatnya, tetapi yang harus dilakukan ialah bekerja keras secara bersama sama untuk merobohkan tembok tersebut, karena yakinlah sukses dalam meraih impian itu lebih baik diraih secara bersama sama agar semua halangan bisa diatasi dengan mudah.

Tidak ada yang sulit dilakukan di dunia ini apabila dilakukan secara bersama, membentuk sebuah kolaborasi dan menyatukan setiap misi yang ada agar visi yang telah dirancang bisa diwujudkan. Setiap orang mungkin punya cara yang berbeda dalam memaknai arti setiap kesuksesan, namun apapun cara dan langkah yang ditempuh untuk meraih cita – cita tersebut tetaplah selalu berdoa kepada Yang Maha Esa agar setiap langkah ini merupakan jalan yang benar untuk mewujudkan cita – cita besar itu.

Bagi saya memiliki cita – cita besar itu adalah suatu keharusan yang harus diraih kerana bila tidak memiliki cita – cita dalam menjalankan hidup ini, maka itu bukan hidup namanya. Hidup tanpa cita – cita sama saja mati sia – sia. Maka bagi saya dalam mewujudkan cita – cita yang terpenting dahulu ada ialah :

  1. Kebahagiaan, menurut saya bahagia merupakan salah satu jalan mewujudkan cita – cita yang saya impikan, karena dengan adanya perasaan bahagia dalam diri kita, setiap pekerjaan yang ada akan terasa mudah sekalipun pekerjaan itu tidak sesuai dengan apa yang di cita – citakan. Namun bila kita bahagia menjalankannya pastilah ada pelajaran yang bisa diambil dari pekerjaan tersebut, selain itu perasaan bahagia membuat saya berpikir jernih dalam menyelesaikan setiap masalah yang menjadi penghalang cita – cita saya.
  2. Ibadah, selalu ingat kepada Sang Pencipta membuat saya selalu berhati – hati dalam bertindak karena saya selalu merasa bahwa Allah mengawasi setiap langkah saya. Saya percaya dengan terus istiqomah mendekatkan diri kepada Allah maka Allah akan mempermudah setiap urusan saya, walaupun terkadang apa yang saya inginkan tidak selalu bisa diwujudkan, tapi saya yakin Allah telah mempersipakan sesuatu hal yang lebih baik dari apa yang saya inginkan, karena saya berkeyakinan Allah mengetahui yang terbaik bagi hambanya. Maka dari itu agar cita – cita bisa terwujud tetaplah selalu beribadah dan meminta petunjuk kepada Allah SWT.
  3. Konsisten, tetap konsisten dalam menjalankan proses untuk meraih impian merupakan kunci selanjutnya yang harus tetap dipegang agar misi yang telah direncanakan untuk meraih impian itu berjalan sesuai dengan target yang telah dibuat.

Dari ketiga point yang menurut saya merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang akan meraih cita – citanya. Tapi berbeda individu beda pula cara pandang nya, mungkin setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyusun dan mempersipakan segala hal yang mereka perlukan untuk meraih cita – cita terbesar mereka. Namun orang yang hanya sekedar memilki keinginan saja tanpa ada usaha dalam dirinya maka cita – cita yang diinginkannya itu tidak akan terwujud, karena yakinlah cita – cita adalah hal yang harus diperjuangkan bukan hanya untuk diinginkan saja.

Perjuangan dalam meraih cita – cita ini memang sulit, kegagalan yang berkali – kali dialami bukan merupakan hambatan untuk meraih cita – cita besar itu, mungkin hari ini gagal berkali – kali namun yakinlah kemengang yang lebih besar menanti diri ini di puncak kesuksesan nantinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s