Perilaku Konsumen (Softskill)

Proses Pengambilan Keputusan oleh Konsumen

Manusia sebagai makhluk yang konsumtif memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap suatu barang. Setiap hari manusia selalu berupaya untuk mencukupi kebutuhan dan keinginan hidup mereka masing – masing. Untuk itu maka manusia selalu melakukan pertukaran barang atau lebih disebut proses jual beli. Dimana sebagai seorang konsumen manusia memiliki hak untuk memilih barang yang dia inginkan, maka dari itu proses – proses untuk memenuhi kebutuhan tersebut terjadi melalui bentuk pertimbangan yang diambil oleh konsumen agar pengeluaran mereka tidak lebih besar dari pendapatan mereka sendiri.

Proses pengambilan keputusan disini menjadi bukti untuk kesuksesan pemasaran suatu produk dan barang yang dihasilkan perusahan, keputusan dimana konsumen mau membeli barang tersebut atau tidak membeli barang tersebut. Keputusan konsumen tersebut menjadi penanda apakah suatu strategi pemasaran telah cukup bijaksana, berwawasan luas, dan efektif, atau apakah kurang baik direncanakan atau keliru menetapkan sasaran. Keputusan merupakan seleksi terhadap dua pilihan alternative atau lebih.

Menurut Kotler ada beberapa tahap dalam mengambil suatu keputusan unutk melakukan pembelian, antara lain :

1. Pengenalan Masalah

Merupakan faktor terpenting dalam  melakukan proses pembelian, dimana pembeli akan mengenali suatu masalah atau kebutuhan.

2. Pencarian Informasi

Seorang selalu mempunyai minat atau dorongan untuk mencari informasi. Apabila dorongan tersebut kuat dan obyek yang dapat memuaskan kebutuhan itu tersedia maka konsumen akan bersedia untuk membelinya.

3. Evaluasi Alternatif

Konsumen akan mempunyai pilihan yang tepat dan membuat alternatif secara teliti terhadap produk yang akan dibelinya.

4. Keputusan Pembeli

Setelah konsumen mempunyai evaluasi alternatif maka konsumen akan membuat keputusan untuk membeli. Penilaian keputusan menyebabkan konsumen membentuk pilihan merk di antara beberaoa merk yang tersedia.

5. Evaluasi Pasca Pembelian

Merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berada pada tahap pembuatan keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya. Dalam hal ini, terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen.

Konsumen akan puas jika produk tersebut sesuia dengan harapannyadan selanjutnya akan meningkatkan permintaan akan merk produk tersebut dimsa akan datang. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika oroduk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen di masa depan.

Faktor yang menetukan keterlibatan konsumen dalam hal pembeliaan :

  1. Pengalaman sebelumnya
  2. Minat
  3. Resiko
  4. Situasi
  5. Pandangan Sosial

Faktor yang mempengaruh perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian

  1. Faktor Budaya, budaya mempengaruhi konsumen melalui kebiasaan – kebiasaan umum dari suatu wilayah tertentu seperti agama, ras dan bahasa daerah tersebut.
  2. Faktor Sosial sangat berpengaruh pada konsumen dalam mengambil keputusan pembelian terlihat dari kelompok tempat dia tinggal seperti keluarga dan lingkungan sekitar lainnya.
  3. Faktor Pribadi menunjukkan ketertarikan seorang konsumen terhadap suatu produk, dimana umur, pekerjaan, gaya hidup melatar belakangi konsumen untuk membeli barang yang dia inginkan.
  4. Faktor Psikologi, motivasi serta persepsi dan kepercayaan terhadap suatu merk barang membuat konsumen dengan yakin mengambil keputusan untuk membeli merk barang tersebut karena faktor psikologi bisa dilandaskan akan pengalaman dalam membeli produk tersebut dimasa lalu.

Perilaku konsumen yang dilakukan individu maupun kelompok yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang dan jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor dan struktur itu sendiri. Adapun juga tingkat keterlibatan diferensiasi merk juga dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Variabel pemikiran konsumen adalah faktor kognitif yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Tiga variabel pemikiran berperan secara esensial dalam pengambilan keputusan, antara lain persepsi karakteristik merk, sikap dimasa depan terhadap merk dan maanfaat keinginan konsumen.


Daftar Pustaka :

http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel3165D022EEDDDECF92DADBCDDA9B0AB7.pdf

http://www.wattpad.com/4248683-pengertian-perilaku-konsumen-pembelian-proses

http://www.slideshare.net/poetradudutz/pengambilan-keputusan-dalam-pemasaaran

http://www.slideshare.net/heribertusdwi/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen-dalam-pembelian-suatu-produk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s