Perilaku Konsumen (Softskill)

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

1. Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yg homogen, dimana tiap kelompok(bagian) dapat di pilihsebagai pasar yang di tuju(ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.

2. Proses Segmentasi pasar :

Proses segmentasi mempunyai beberapa langkah yaitu :

a.       Identifikasi basis segmentasi pasar

b.      Mengumpulkan informasi pasar

c.       Mengembangkan komposisi profil segmen

d.      Penetapan konsekuensi pemasaran

e.       Estimasi masing-masing potensi segmen pasar

f.       Analisis peluang pasar

g.      Penetapan penguasaan pasar

3. Segmentasi dan kepuasan

Menurut Philip Kotler (1997 : 36)

Kepuasan konsumen adalah perasaan senangatau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadapkinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen yaitu :

  1. Kepuasan Fungsional adalah merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. contoh : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
  2. Kepuasan Psikologikal adalah merupakan kepuasan yang diperoleh dari atributyang bersifat tidak berwujud. contoh : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .

Pengelompokan inilah yang sering disebut sebagai segmentasi pelanggan.

Menurut Fandy Tjiptono (1997:35), metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen dapat dengan cara :

  1. Pengukuran dapat dilakukan secara langsung dengan pertanyaan
  2. Responden diberi pertanyaan mengenai seberapa besar mereka mengharapkan suatu     atribut tertentu dan seberapa besar yang dirasakan.
  3. Responden diminta untuk menuliskan masalah yang mereka hadapi berkaitan dengan     penawaran dari perusahan dan juga diminta untuk menuliskan masalah-masalah yang     mereka hadapi berkaitan dengan penawaran dari perusahaan dan juga diminta untuk     menuliskan perbaikan yang mereka sarankan
  4. Responden dapat diminta untuk meranking berbagai elemen dari penawaran         berdasarkan derajat pentingnya setiap elemen dan seberapa baik kinerja perusahan     dalam   masing-masing elemen.

4. Penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan strategi pemasaran

Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran.

Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen. Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.

5. Manfaat utama yang diperoleh dengan adanya segmentasi pasar yaitu

  1. Segmentasi pasar dapat memperbaiki proses alokasi sumberdaya pemasaran yang dimilki oleh perusahaan. Dengan jumlah dana promosi yang sama dapat meningkatkan penjualan san keuntungan jika dialokasikan pada segmentasi pasar yang benar.
  2. Segmentasi memungkinkan pemasaran melakuka proses identifikasi kesempatan pemasaran dengan cara yang lebih baik. Tanpa ada segmentasi yang baik maka identifikasi calon pengguna akan relatif lebih sulit.
  3. Segmentasi memberikan arahan yang lebih jelas bagi perencanaan pemasaran untuk kelompok konsumen yang menjadi sasaran pasar.
  4. Segmentasi juga merupakan upaya mendapatkan produk dalam persaingan
  5. Segmentasi memberikan arah bagi pengembangan produk perusahaan.

Analisis demografi

Analisis demografi meliputi set metode yang memungkinkan untuk mengukur dimensi dan dinamika populasi. Metode ini telah terutama dikembangkan untuk mempelajari populasi manusia, tetapi diperluas ke berbagai bidang di mana peneliti ingin tahu bagaimana populasi aktor sosial dapat mengubah seluruh waktu melalui proses kelahiran, kematian, dan migrasi .

Dalam konteks manusia populasi biologi, analisis demografi menggunakan catatan administrasi untuk mengembangkan independen perkiraan penduduk. Demografi perkiraan analisis sering dianggap sebagai standar yang dapat diandalkan untuk menilai keakuratan sensus informasi yang dikumpulkan setiap saat. Dalam angkatan kerja , analisis demografi digunakan untuk memperkirakan ukuran dan arus populasi pekerja, dalam ekologi populasi fokusnya adalah pada kelahiran, kematian dan perpindahan perusahaan.

Analisis demografi digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, sering digunakan dalam rencana bisnis, untuk menggambarkan penduduk terhubung ke lokasi geografis bisnis.  analisis demografi biasanya disingkat sebagai DA. Untuk 2010 US Sensus, The Biro Sensus Amerika Serikat telah memperluas Kategori DA nya, DA sekarang juga meliputi analisis perbandingan antara perkiraan perumahan independen, dan daftar alamat sensus pada berbagai titik waktu kunci. Studi dan matematika dari ukuran, komposisi, dan distribusi spasial populasi manusia dan bagaimana fitur ini berubah seiring waktu. Data diperoleh dari sensus penduduk dan dari pendaftar: catatan peristiwa seperti kelahiran, kematian, migrasi, perkawinan, perceraian, penyakit, dan lapangan kerja.

Untuk melakukan hal ini, perlu ada pemahaman tentang bagaimana mereka dihitung dan mereka menjawab yang termasuk dalam empat konsep pertanyaan: perubahan populasi, standarisasi dari jumlah penduduk, persamaan pembukuan demografi, dan komposisi penduduk.


Daftar Pustaka :

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/manajemenpemasaran/bab5_segmentasitargetpasardanpenentuanposisiproduk.pdf

http://septianie.tumblr.com/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s