Pendidikan Kewarganegaraan (Softskill)

POLITIK dan STRATEGI NASIONAL

  • Pengertian Politik dan Strategi Nasional

Politik dalam arti kepentingan umum atau segala usaha untuk kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara di Pusat maupun di Daerah, lazim disebut Politik (Politics) yang artinya adalah suatu rangkaian azas/prinsip keadaan serta jalan, cara dan alat yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau suatu keadaan yang kita kehendaki disertai dengan jalan, cara dan alat yang akan kita gunakan untuk mencapai keadaan yang kita inginkan.

Dalam arti kebijaksanaan, Politik adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita/keinginan atau keadaan yang kita kehendaki. Jadi politik adalah tindakan dari suatu kelompok individu mengenai suatu masalah dari masyarakat atau negara.

Jadi Politik nasional adalah suatu kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Sedangkan Strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional. Strategi nasional disusun untuk melaksanakan politik nasional, misalnya strategi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan :

  1. Negara adalah suatu organisasi dalam satu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang ditaati oleh rakyatnya. Dapat dikatakan negara merupakan bentuk masyarakat dan organisasi politik yang paling utama dalam suatu wilayah yang berdaulat.
  2. Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginannya. Yang perlu diperhatikan dalam kekuasaan adalah bagaimana cara memperoleh kekuasaan, bagaimana cara mempertahankan kekuasaan, dan bagaimana kekuasaan itu dijalankan.
  3. Pengambilan keputusan, Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum, keputusan yang diambil menyangkut sektor publik dari suatu negara, yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan politik adalah siapa pengambil keputusan itu dan untuk siapa keputusan itu dibuat.
  4. Kebijakan umum adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seseorang atau kelompok politik dalam memilih tujuan dan cara mencapai tujuan itu.
  5. Distribusi adalah pembagian dan pengalokasian nilai-nilai (values) dalam masyarakat. Nilai adalah sesuatu yang diinginkan dan penting, nilai harus dibagi secara adil. Politik membicarakan bagaimana pembagian dan pengalokasian nilai-nilai secara mengikat.
  • Implementasi Politik dan Strategi Nasional

Dibidang Hukum :

  • Mengembangkan budaya hukum disemua lapisan masyarakat untuk tercipta kesadaran dan kepatuhan hukum dalam rangka supremasi hukum dan tegaknya hukum.
  • Menegakkan hukum secara konsisten untuk lebih menjamin kepastian hukum, keadilan dan kebenaran serta menghargai hak asasi manusia.
  • Melanjutkan ratifikasi internasional terutama yang berkaitan dengan hak asasi manusia sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan bangsa Indonesia.
  • Meningkatkan integritas dan keprofesionalan aparat penegak hukum.
  • Mewujudkan lembaga hukum yang berkeadilan terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Dibidang Ekonomi :

  • Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan sehat.
  • Mengoptimalkan peran pemerintah dalam mengkoreksi ketidaksempurnaan pasar.
  • Mengupayakan kehidupan yang layak berdasarkan atas kemanusian yang adil bagi rakyat.
  • Mengembangkan perekonomian yang berorientasi global sesuai dengan perkembangan teknologi.
  • Mengelola kebijakan makro dan mikro ekonomi agar terkoordinasi.

Dibidang Politik :

  • Memperkuat keberadaan dan keberlangsungan negara kesatuan Republik Indonesia yang bertumpu pada bhineka tunggal ika.
  • Meningkatkan peran MPR dan DPR dengan menegaskan fungsi, wewenang dan tanggungjawab yang harus dijalankan.
  • Mengembangkan politik yang demokrasi dan terbuka.

Dibidang Sosial dan Budaya :

  • Meningkatkan kebudayaan dan pariwisata
  • Pemuda dan olahraga
  • Pembangunan derah
  • Sumberdaya alam dan lingkungan hidup
  • Keberhasilan POLSTRANAS 

Politik dan strategi nasional Indonesia akan berhasil dengan baik dan memiliki manfaat yang seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh rakyat, jikalau para warga negara terutama para penyelenggara negara memiliki moralitas, semangat, serta sikap mental yang mencerminkan kebaikan yang mana nantinya menjadi panutan bagi warganya. Dengan demikian ketahanan nasional Indonesia akan terwujud dan akan menumbuhkan kesadaran rakyat untuk bela negara, serta kesadaran nasionalisme yang tinggi namun bermoral Ketuhanan Yang Maha Esa serta Kemanusiaan yang adil dan beradab.


Daftar Pustaka :

politik.kompasiana.com/2013/08/25/pengertian-politik-dan-strategi-nasional-586310.html

http://www.sharingvanavasa.co.vu/2013/05/dasar-pemikiran-penyusunan-politik-dan.html

calamu.blogspot.com/2013/10/otonomi-daerah-implementasi-polstranas.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s