Pendidikan Kewarganegaraan (Softskill)

WAWASAN NUSANTARA

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Unsur – unsur Wawasan Nusantara

a. Wujud wilayah

Batas ruang lingkup wilayah nusantara ditentukan oleh lautan yang di dalamnya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling dihubungkan oleh perairan. Oleh karena itu Nusantara dibatasi oleh lautan dan daratn serta dihubungkan oleh perairan didalamnya, perwujudan wilayah Nusantara ini menyatu dalam kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

b. Tata inti organisasi

Bagi Indonesia, tata inti organisasi negara didasarkan pada UUD 1945 yang menyangkut bentuk dan kedaulatan negara kekuasaan pemerintah, sistem negara, dan sistem perwakilan. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.

c. Tata kelengkapan organisasi

Wujud tata kelengkapan organisasi adalah kesadaran politik dan kesadaran bernegara yang harus dimiliki oleh seluruh rakyat yang mencangkup partai politik, golongan dan organisasi masyarakat serta kalangan pers dan aparatur negara.

Isi Wawasan Nusantara

Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita – cita serta tujuan nasional yang terdapat pada pembukaan UUD 1945. Isi mencangkup dua hal yang essensial yaitu :

  1. Realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama serta pencapaian cita – cita dan tujuan nasional.
  2. Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

Isi wawasan nusantara tercermin dalam perspektif kehidupan manusia Indonesia meliputi :

A. Cita – cita bangsa Indonesia tertuang di dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan :

  1. Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
  2. Rakyat Indonesia yang berkehidupan kebangsaan yang bebas
  3. Pemerintahan negara Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban duniayang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

B. Asas keterpaduan semua aspek kehidupan nasional meliputi :

  1. Satu kesatuan wilayah nusantara yang mencangkup daratan perairan dan dirgantara secara terpadu.
  2. Satu kesatuan politik, dalam arti satu UUD dan politik pelaksanaanya serta satu ideologi dan identitas nasional
  3. Satu kesatuan sosial budaya, dalam arti satu perwujudan masyarakat Indonesia atas dasar “bhineka tunggal ika”, satu tertib sosial dan satu tertib hukum
  4. Satu kesatuan ekonomi dengan berdasarkan atas asas usaha bersama dan asas kekeluargaan dalam satu sistem ekonomi kerakyatan
  5. Satu kesatuan pertahanan dan keamanan dalam satu sistem terpadu, yaitu sitem pertahanan keamanan rakyat.
  6. Satu kesatuan kebijakan nasional dalam pemerataan pembangunan dan hasil – hasilnya yang mencangkup aspek kehidupan nasional.

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara, dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa Indonesia.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu – rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kedudukan Wawasan Nusantara

Kedudukan wawasan nusantara adalah posisi, cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia mengenai dirinya yang kaya akan berbagai suku bangsa, agama, bahasa, dan kondisi lingkungan geografi yang berwujud negara kepulauan, berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Secara hirarki posisi atau status wawasan nusantara menepati urutan ketiga setelah UUD 1945.



DAFTAR PUSTAKA :

Wikipedia.co.id
Pancasilazone.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s