Pendidikan Kewarganegaraan (Softskill)

DEMOKRASI SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA

Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani Demos dan Kratein. Kratein berarti kekuasaan sedangkan demos berarti rakyat, bentuk kekuasaan dari, oleh, dan untuk rakyat. Menurut konsep demokrasi kekuasaan menyiratkan arti politik dan pemerintahn. Sedangkan rakyat beserta warga masyrakatnya didifinisikan sebagai warga negara. Demos bukanlah rakyat secara keseluruhan tetapi populasi tertentu, yaitu mereka yang berdasarkan atau kesepakatan formal dari para pengontrol akses je sumber – sumber kekuasaan yang diakui dan bisa mengklaim, memiliki hak – hak prerogatif dalam proses pengambilan keputusan menyangkut urusan publik dan pemerintah.

Ada 2 bentuk Demokrasi dalam Pemerintahan Negara yaitu :

  1. Pemerintahan monarki mutlak, monarki konstitusional, monarki parlementer
  2. Pemerintahan Republik

Ada 3 Prinsip dasar dalam sistem politik yang demokratis yaitu :

  1. Ditegakkannya etika dan moralitas dalam politik sebagai landasan kerja sistem politik, ekonomi, sosial di dalam negara.
  2. Dipakainya prinsip konstitusionalisme dengan tegas dalam pelaksanaanya serta adanya kepatuhan terhadap supremasi hukum yang berlaku
  3. Pemberlakuan akuntabilitas publik, memposisikan orang – orang yang memengan jabatan publik dan pemerintahan sebagai pemengang amanat dari rakyat yang dapat dimintai pertanggungjawabannya oleh rakyat.

Seorang negarawan dari Athena yang hidup pada tahun 430 SM bernama Pericles menguraikan beberapa kriteria penting mengenai konsep Demokrasi yaitu :

  1. Pemerintah suatu negara dibangun dari dukungan dan partisipasi yang mayoritas secara langsung.
  2. Adanyan kesamaan warga negara di bawah hukum
  3. Adanya penghargaan dan perlindungan terhadap pemenuhan HAM.

Indonesia menjadi salah satu negara yang menganut sistem demokrasi, yang dapat dipandang penerapannyapada sebuah mekanisme dan cita –cita untuk mewujudkan suatu kehidupan yang sesuai dengan apa yang telah terdapat pada UUD 1945 yang disebut Kerakyatan.

Selain itu, Demokrasi juga dapat dipandang sebagai pola hidup berkelompok dalam organisasi negara yang sesuai dengan kehendak orang – orang yang hidup dalam kelompok tersebut ( demos ), Sementara itu kehendak dan keinginan orang – orang yang ada dalam kelompok sangat ditentukan oleh pandangan hidupnya, falsafah hidupnya dan ideologi bangsa yang bersangkutan.

Sedangkan sistem pemerintahan negara adalah sistem yang dimiliki suatu negara dalam mengatur pemerintahnya, sesuai dengan kondisi negara masing – masing.

Sistem pemerintah mempunyai sistem dengan tujusn untuk menjaga kestabilan negara itu, namun di beberapa negara sering terjadi tindakan separatisme karena sistem pemerintahan yang dianggap memberatkan rakyat ataupun merugikan rakyat. Sistem pemerintahan mempunyai fondasi yang kuat dimana tidak bisa diubah menjadi statis, jika suatu pemerintahan yang statis absolut, maka hal itu akan berlangsung selama – lamanya hingga adanya desakan kaum minoritas untuk memprotes hal tersebut.

Secara luas pengertian sistem pemerintahan itu ialah menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum minoritas, menjaga fondasi pemerintah, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang demokrasi dimana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut. Hingga saat ini hanya sedikit negara yang bisa mempraktikan sistem pemerintahan itu secara menyeluruh.

Secara sempit sistem pemerintahan hanaya sebagai sarana kelompok untuk menjalankan roda pemerintahan guna menjaga kestabilan negara dalam kurun waktu relatif lama dengan adanya perilaku yang reaksional maupun radikal dari rakyat itu sendiri.

democracy

DAFTAR PUSTAKA

Djumharijinis, 2012, Pendidikan Pancasila Demokrasi dan Hak Azasi Manusia (Suplemen Materi Perkuliahan). Widya, Jakarta.

sistempemerintahanindonesia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s