Book Reviews

RESENSI BUKU SATANIC FINANCE “Bikin Umat Miskin”

I. Identitas Buku

Judul                               : SATANIC FINANCE Bikin Umat Miskin

Pengarang                     : DR Ahmad Riawan Amin

Penerbit                         : ZAYTUNA PT Ufuk Publishing House

Tahun Terbit               : 2012

Tebal Halaman            : 124 halaman

Text Bahasa                  : Bahasa Indonesia

II. Judul Resensi

True Conspiracies and Three Pilars of  Evil

III. Ringkasan Isi

Buku ini menceritakan bagaimana krisis ekonomi global bisa terjadi, ternyata ini semuanya sudah didesain oleh para setan dan manusia-manusia yang menjadi binaannya, True Conspiracies. Menurut penulis, Ahmad Riawan Amin bahwa sistem keuangan moderen merupakan penyebab bertambahnya jumlah orang miskin, pengangguran, inflansi dan semua krisis keuangan global yang sedang melanda dunia saat ini.

Buku ini membongkar praktik keuangan moderen yang selama ini dianggap bagus. Menurut penulis, satanic finance itu dikendalikan oleh Three Pilar Of Evil ( tiga pilar setan ).

Three Pilar Of Evil :

  • Fiat Money

Menurut Riawan selaku penulis menyatakan bahwa dibalik penciptaan uang kertas terdapat tipu muslihat, dimana penciptaannya tidak disokong oleh emas dan perak, uang hanya berharga karena diberi cetakan angka oleh otoritas moneter yang menerbitkannya. Oleh karena itu fiat money rentan terhadap spekulasi, dimana saat penciptaannya melebihi barang dan jasa maka akan terjadi inflansi. Melalui fiat money lah kolonialisme moderen dijalankan tanpa perlu ada serangan militer untuk menjajah suatu negara. Contohnya ialah Dollar AS dengan mudahnya menjajah dunia dengan sisitem uang kerta yang mana AS mempermaikan nilai mata uang negara dunia ketiga yang bergantung kepadanya.

  •  Fractional Reserve Requirement (FRR)

Fiat money yang diciptakan oleh US yaitu dollar telah membuat banyak nilai mata uang negara – negara yang bersandar kepadanya ikut mengalami krisis ekonomi yang semakin menambah kemiskinan dinegara – negara tersebut. Kebijakan sistem ekonomi moderen yang menganut paham kapitalisme menempatkan bank sebagai pihak yang leluasa menguncurkan pinjaman ( kredit ) kepada nasabah. Dan ikut serta pula mencetak fiat money.

  •  Interest ( Bunga )

Praktik yang sering ada di sistem perbankan yaitu interest ( bunga ) yang dipungut oleh bank memiliki alasan yang tidak rasional dimana dinyatakan bahwa bunga itu sebagai biaya servis atas transaksi pinjaman atau hutang nasabah.

Didalam Al – quran dan maupun kitab agama lainnya bunga itu termasuk kepada Riba, karena itu dilarang melakukannya. Memungut bunga menyebabkan berbagai masalah dan krisis keuangan, karena praktik bunga menuntut untuk tercapainya pertumbuhan ekonomi secara terus menerus sehingga praktik bunga mendorong terjadinya persaiangan di anatara para pelaku pasar, dimana kaum minoritas (orang kaya dan berkuasa) menjajah kesejahteraan kaum mayoritas (rakyat kurang mampu).

Menurtut Riawa selaku penulis buku Satanic Finance, menyatakan bahwa riba (bunga) tidak perlu dilawan , tetapi cukup beralih ke sistem lain yaitu Sistem Ekonomi Islam yang sudah teruji dengan kembali menggunakan mata uang Dinar dan Dirham, dimana sejarah menunjukkan bahwa Dinar-Dirham stabil karena mata uang tersebut tidak menyebabkan inflansi dan krisi ekonomi selain itu dinar-dirham merupakan logam berharga yang digunakan sudah dari ribuan tahun yang lalu sebagai alat moneter yang adil, oleh karena itu disebut mata uang surga (the heavens currency).

IV. Kelebihan Buku

Tidak seperti buku yang membahas perekonomian lainnya yang umumnya terlau berbelit belit bahasanya, justru buku ini mudah untuk dimengerti, dengan bahasa yang ringan, Riawan yang merupakan penulis merangkai semua gagasannya melalui penjabaran yang mudah untuk mengetahui penyebab dari krisis keuangan global yang melanda dunia. Buku ini patut dibaca oleh siapapun yang ingin merubah pola pikir dan keluar dari jerat kekacauan global yang diciptakan oleh sistem ekonomi moderen saat ini.

 V. Sumber

Riawan Amin.Ahmad, 2012, Satanic Finance “ Membuat Umat Miskin”, ZAYTUNA PT Ufuk Publishing House, Jakarta

Ariesyanto.wordpress.com/2012/09/01/457/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s